Mandor existing selama ini menjadi andalan perusahaan dalam melakukan berbagai aktivitas kerja demi tercapainya target yang ditetapkan manajemen. Mandor yang kinerjanya baik akan cepat dapat promosi, sebaliknya mandor yang kinerjanya pas – pas an karena satu dan lain hal perlu menjadi perhatian dari HRD perusahaan. Selama keberadaan mandor ini tidak menganggu perusahaan, maka bisa diberi kesempatan kedua melalui program akselerasi untuk mengejar ketertinggalannya.

Secara proses kerja dan pengalaman kerja, tentunya mandor existing sudah paham karena menjadi aktivitasnya sehari – hari. Pertanyaan mendasarnya adalah apa yang membedakan mandor yang capai target dengan mandor yang tidak capai target? Intinya adalah pikiran dan perasaan si Mandor. Ki Hajar Dewantara memiliki slogan, “Ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani”. Pendekatan untuk mandor existing adalah Ing Madya Mangun Karso (menyentuh rasa dengan mendampingi).

Program PMU akselerasi bersifat taylor made, fokus pada perbaikan sesuai bidang kerja dari Mandor, seperti : mandor panen / mandor transport / mandor pupuk / mandor semprot / mandor lainnya.

Kenapa harus fokus ke bidangnya?

Studi kasus yang diberikan kepada peserta PMU akselerasi spesifik dan persis seperti apa yang mereka alami dilapangan. Secara refleks, peserta akan menyelesaikan kasus sesuai pengalaman mereka dilapangan. Disinilah ketemu alur berpikir peserta dan alasan kenapa peserta memilih tindakan A dibandingkan tindakan B. Pilihan tindakan inilah yang mempengaruhi hasil.

Untuk memperbaiki hasil yang ingin dicapai, maka perlu diperbaiki adalah tindakan yang dilakukan, lebih tepatnya memilih tindakan yang “lebih” sesuai untuk kondisi yang dihadapi. Menentukan pilihan ini dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki, pengalaman dimasa lalu, ketrampilan dalam melakukannya dan perasaan (emosi) yang terlibat dalam menentukan pilihan.

Best Planter Indonesia (BPI) yang mengusung slogan 100% best practices, didukung oleh praktisi kebun sawit yang terlibat langsung dalam proses pekerjaan dan aktivitas dilapangan siap untuk menjadi partner perusahaan dalam program PMU akselerasi ini.

Gambaran materi program PMU Akselerasi.

Materi Pelatihan Alokasi Waktu
1. Arti keberadaan Mandor bidang kerja X diperusahaan. ½ hari
2. Sinergi tuntutan kerja perusahaan dengan keinginan diri pribadi. ½ hari
3. Permasalahan utama yang dihadapi di bidang kerja dan pareto aktivitas kerja mandor. 1 hari
4. Benchmark pengelolaan pekerjaaan dan kemungkinan penerapannya di perusahaan. 1 hari
  3 hari

Dengan mengikuti 3 hari program PMU akselerasi, maka peserta sudah memiliki pondasi yang kuat untuk menjawab tantangan dilapangan, dan lebih bijak – lebih tepat dalam menentukan pilihan tindakannya. Pilihan tindakan yang berbeda dari sebelumnya, akan membuat hasil yang berbeda juga.

 

Untuk informasi selengkapnya dapat WA ke 0812-1997-193 (dito) atau email ke bpi@bestplanterindonesia.com.