Project Description

Target kerja adalah sesuatu yang harus dicapai seorang asisten, dengan berbagai cara sesuai dengan panduan SOP perusahaan. Biasanya SOP perusahaan mengatur tentang standar kerja, proses atau tahapan kerja dan  cara kontrol pekerjaan, dengan kata lain mengatur tentang “WHAT, WHEN dan HOW”. Aspek “WHY” yang menjadi pondasi dan dasar suatu aktivitas sedikit sekali dipelajari dan dipahami, dengan pertimbangan WHY ini adalah ranahnya agronomist atau R&D.

Fakta dilapangan, Asisten berhadapan langsung dengan kendala teknis dan masalah yang harus segera diberikan keputusannya. Selain taat SOP, perlu akal sehat (common sense) dalam menimbang dan memutuskan dilapangan. Tidak hanya terkait hal teknis, seringkali terkait hal manajerial dan hal sosial juga.

Selanjutnya, seorang Asisten perlu kepekaan (sensitivity) dalam melihat kondisi dilapangan. Memilah informasi, menganalisanya, untuk kemudian menentukan pilihan tindakan terbaik yang harus dilakukan.

Dua hal inicommon sense dan sensitivity menjadi kunci pembeda seorang asisten dengan asisten yang lain.

Sebagai pimpinan proyek kebun yang menguasai teriorial dan sumber daya, seorang asisten memang tidak perlu sampai ketingkatan ahli, bisa sampai tingkatan paham. Seiring waktu, kendala dan masalah dilapangan akan menjadikan seorang asisten lebih berkembang dan lebih matang. Tapi harus menunggu berapa lama?

Tidak capai target bisa disebabkan oleh 3 hal, yaitu 1) kondisi alam, 2) kurangnya kemampuan Asisten, 3) kurangnya kemauan Asisten. Jika penyebabnya point 1, maka tidak capai target terjadi disemua afdeling dalam satu wilayah. Jika penyebabnya point 2 atau point 3, maka tidak capai target hanya terjadi diafdeling bersangkutan.

Best Planter Indonesia (BPI) siap menjadi partner perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dan kemauan Asisten dalam mencapai target perusahaan. Pendekatan common sense dan sensitivity yang dikembangkan dalam silabus pembelajaran mampu mengakselerasi seorang Asisten menjadi berprestasi.

Gambaran materi program PAU Akselerasi

Materi PelatihanAlokasi Waktu
1. Indikator kesuksesan pengelolaan afdeling dan pareto aktivitas.½ hari
2. Kunci pembeda dalam pencapaian target kerja Afdeling.½ hari
3. Menerima kondisi sumber daya di Afdeling dan menetapkan target antara untuk berkembang.1 hari
4. Logika penetapkan target kerja dan kemungkinan pencapaiannya1 hari
3 hari

Setelah mengikuti program PAU akselerasi ini, Asisten akan lebih percaya diri dan pantang menyerah dalam upaya pencapaian target kerja dari perusahaan.

 

Untuk informasi program PAU Akselerasi selengkapnya dapat WA ke 0812-1997-193 (dito) atau email ke bpi@bestplanterindonesia.com.